CARI ARTIKEL CHIPILMU

Cara Overclock Monitor Untuk Gaming

chipilmu.com
Kalian mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah overclocking, umumnya overclock dilakukan pada perangkat keras sejenis Processor / CPU (central processing unit) dan VGA / GPU (graphics processing unit). Tapi apakah kalian sudah pernah mendengar proses overclock pada perangkat monitor?
Overclock pada perangkat monitor pada dasarnya memiliki tujuan yang sama seperti overclock Processor maupun VGA, yaitu untuk mendapatkan peningkatan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan kinerja standar bawaan pabrik. Overclock pada perangkat monitor bertujuan untuk meningkatkan kecepatan refresh rate.

Apa Itu Refresh Rate?


Saya akan jelaskan secara sederhana. Pada umumnya monitor biasa memiliki kecepatan refresh rate standar sebesar 60Hz, artinya monitor akan merefresh gambar setiap 60 kali setiap detik. Hal ini juga berlaku sama pada monitor 75Hz, yang akan merefresh gambar setiap 75 kali per detik dan juga monitor 144Hz yang akan merefresh gambar setiap 144 kali per detik. Secara umum, monitor yang memiliki kecepatan refresh rate yang cukup tinggi dapat menampilkan gambar yang lebih halus dan responsif. Tentu hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan dengan apa yang akan Anda lihat di layar monitor refresh rate standar.
Mata dan otak manusia melihat sekitar 24fps, tetapi kita mampu melihat kecepatan refresh yang jauh lebih besar dari itu.

Apakah Semua Monitor Dapat Melakukan Overclock?


Jawabannya adalah Mungkin. Kalian dapat melakukan overclock pada monitor anda tergantung dari merek dan jenis panel yang dipakai. Beberapa merek monitor memiliki opsi menu "Overclock" di pengaturan monitor. Dan panel jenis TN cenderung dapat melakukan overclock lebih tinggi dibandingkan panel IPS dan VA. Selain itu banyak monitor dengan resolusi 1080p dengan refresh rate bawaan sebesar 60Hz, dapat dioverclock ke refresh rate 75Hz. Seperti contoh merek monitor BenQ RL2455HM yang sudah banyak mendapatkan laporan sukses dari orang-orang yang melakukan overclocking dari 60Hz ke 75Hz tanpa mengalami masalah apapun.

Apa Keuntungan Dan Kerugian Overclock Monitor?


Keuntungannya adalah kalian dapat menampilkan grafik lebih cepat, mulus dan lancar dibandingkan biasanya. Hal ini menguntungkan para pemain game multipemain online atau game first person shooter (FPS), kemampuan untuk melihat sudut lebih cepat dari lawan sehingga dapat meningkatkan kesempatan untuk memenangkan pertandingan.
Kerugiannya adalah walaupun overclocking monitor itu relatif lebih aman daripada overclocking GPU/CPU, tetapi kerusakan masih mungkin terjadi. Tidak semua monitor dapat dioverclock, ada scaler yang membatasinya dan ada juga beberapa panel yang kurang bagus untuk dioverclock. Jadi setiap monitor itu berbeda-beda walaupun memiliki merek dan model yang sama.
Peringatan : DWYOR : “Do With Your Own Risk“ Kerusakan, masalah, atau kendala yang terjadi saat melakukan proses overclocking monitor adalah murni tanggung jawab anda sendiri, jadi lakukan dengan hati-hati.

Cara Melakukan Overclock Monitor.


Melakukan overclock monitor biasanya cukup mudah, tidak ada perangkat tambahan atau alat khusus yang diperlukan. Kalian hanya cukup mendownload software pihak ke 3 seperti CRU (Custom Resolution Utility) yang dapat berfungsi di seluruh jenis VGA maupun Processor. Atau kalian juga bisa melakukan overclock monitor melalui software driver grafis bawaan yang terinstal pada perangkat anda, seperti AMD Radeon (Khusus Pengguna VGA AMD), NVDIA Control Panel (Khusus Pengguna VGA NVDIA), Intel HD Graphic Control Panel (Khusus Pengguna Processor Intel Yang Memakai VGA Onboard).

Overclocking monitor Dengan VGA AMD


chipilmu.com


1. Klik kanan pada desktop, dan pilih AMD Radeon Setting

2. Klik pada bagian tab Display

3. Klik Create pada bagian Custom Resolutions

4. Ubah Refresh Rate (Hz) ke level yang anda inginkan

5. Klik Save dan Restart

Overclocking monitor Dengan VGA NVDIA


chipilmu.com


1. Klik kanan pada desktop, dan pilih NVDIA Control Panel

2. Di bawah menu Display di sebelah kiri, pilih Change Resolution

3. Klik Customize di bagian Resolution

4. Pastikan kotak di sebelah Enable Resultions Not Exposed by the Display dicentang

5. Pilih Create Custom Resolution

6. Di bawah Refresh Rate, atur kecepatan refresh pilihan Anda

7. Jika sudah selesai, klik tombol Test untuk menguji setiap perubahan

8. Jika tidak ada masalah, kalian dapat melakukan Save pengaturan tersebut dan Restart

Overclocking monitor Dengan VGA Onboard Intel


chipilmu.com


1. Buka software Intel HD Graphics Control Panel

2. Pilih Display

3. Pilih Custom Resolutions

4. Pada bagian Refresh Rate, atur kecepatan ke level yang anda inginkan

5. Jika sudah sesuai, klik Add dan Restart 

Overclocking monitor Dengan Software Custom Resolution Utility (CRU)


chipilmu.com


1. Unduh Software CRU dari forum Monitor Test

2. Unzip file dan jalankan Software CRU, pilih monitor yang ingin anda overclock dari menu drop-down di bagian atas

3. Di bawah Detailed Resolutions, klik tombol Add

4. Ubah Refresh Rate ke nilai yang anda inginkan, lalu pilih OK

5. Kembali ke layar utama dan jalankan Restart.exe yang sesuai dengan sistem operasi (OS) Anda. jika Anda menjalankan OS 32-bit, pilih "restart," atau untuk OS 64 bit, pilih "restart64." Pilih salah satu, " Klik Kanan " dan " Run With Administrator "

6. Jika tampilan tidak kembali dalam 10 detik, Anda dapat menekan F8 untuk membatalkan perubahan yang Anda buat

Langkah Selanjutnya Setelah Melakukan Overclock Monitor


Setelah kalian memilih salah satu dari ketiga langkah diatas, kalian perlu mengonfirmasi kecepatan refresh baru monitor anda di pengaturan Windows. Caranya :


chipilmu.com


1. Di desktop, klik kanan dan pilih Display Settings

2. Klik Advanced Display Settings

3. Pilih Display Adapter Properties untuk Display 1

4. Pilih tab Monitor di jendela yang baru dibuka

5. Pada tab Screen Refresh Rate, pilih kecepatan refresh yang sebelumnya sudah kalian atur

Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan, kalian wajib untuk menguji dan memastikan bahwa kecepatan refresh baru anda berfungsi sebagaimana mestinya. Kalian dapat membuka situs TestUfo, dan menguji seluruh urutan animasi yang tersedia pada situs tersebut. Jika berjalan dengan mulus dan lancar, maka Overclock Monitor Berhasil !

Saran Yang Dapat Saya Sampaikan Sebelum Melakukan Overclock Monitor


1. Ubah kecepatan Refresh Rate Monitor sedikit demi sedikit, cari settingan yang tepat yang tidak menimbulkan error black screen

2. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, banyak pengguna monitor BenQ yang sukses melakukan OC Monitor dari 60 Hz ke 75 Hz. Jadi untuk pengguna monitor 60 Hz lebih baik tidak melakukan OC Monitor lebih dari 75 Hz untuk menjaga keamanan dan kestabilan monitor anda

3. Pelajari terlebih dahulu cara masuk Safe Mode Windows, besar kemungkinan kalian akan mengalami kegagalan setelah melakukan OC Monitor. Jika overclock Anda gagal dan Anda tidak dapat boot ke Windows dengan resolusi tersebut, Anda dapat meresetnya di Windows Advanced Startup Options

4. Setiap kerusakan dan kegagalan yang terjadi merupakan tanggung jawab anda sendiri, jadi pikirkan dengan matang untuk risiko yang akan kalian hadapi. Walaupun hasil yang kalian dapatkan cukup sebanding, jadi lakukan dengan Hati-Hati!

5. Jika kalian merasa ragu dan tidak ingin melakukan overclock monitor, Apakah ada cara lain? Caranya adalah tentu kalian perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli monitor gaming dengan spesifikasi terbaik tanpa melakukan overclock pada monitor.

Demikian artikel Cara Overclock Monitor Untuk Gaming, semoga tips trik ini bermanfaat untuk kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar