CARI ARTIKEL CHIPILMU

Bagaimana Jika Anda Hanya Minum Coca-Cola Setiap Hari?

chipilmu.com
Coca-Cola merupakan minuman ringan berkarbonasi yang sangat populer di seluruh dunia. Coca-Cola berasal dari Atlanta, Goergia, Amerika Serikat, dan muncul pertama kali pada tanggal 29 Januari 1892. Cola-Cola ditemukan pertama kali oleh seorang apoteker bernama John Stith Pemberton pada tahun 1886, yang awalnya meracik sebuah minuman sirup segar untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kemudian beralih ke tangan Griggs Candler pada tahun 1891. Coca-Cola memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh manusia, seperti mengatasi mual, gangguan pencernaan, meredakan sakit perut, dan mengatasi sembelit.  Ada manfaat lain minuman ini yang terbilang cukup mengerikan seperti membersihkan karat, menghilangkan noda pakaian, membersihkan wajan gosong, dan membersihkan noda kloset kamar mandi.

Setelah mendapatkan informasi mengenai sejarah dan manfaat dari Coca-Cola, Bagaimana jika anda hanya minum Coca-Cola setiap hari? Apa efek Coca-Cola pada tubuh Anda? Apakah minuman ini dapat membunuh anda? Dan seberapa burukkah mengganti Coca-Cola dengan air putih?
Percaya atau tidak, seseorang telah melakukan hal seperti ini sebelumnya. Seorang wanita di Monaco berhenti minum air putih dan hanya minum Coca-Cola selama 16 tahun berturut-turut. Apakah wanita ini baik-baik saja? Dan apa yang akan terjadi jika Anda melakukan hal yang sama?


chipilmu.com


Dokter telah merekomendasikan agar seseorang dapat memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh, maka ia harus minum air putih sekitar 3 - 4 Liter setiap hari. Jika anda memutuskan untuk mengganti air putih dengan minuman Coca-Cola, setidaknya anda memerlukan lebih dari 8 kaleng Cola-Cola setiap hari untuk dapat memenuhi asupan cairan tubuh harian anda.
Sebagai informasi, 1 kaleng Coca-Cola mengandung 39 Gram gula. Jika anda perlu mengkonsumsi lebih dari 8 kaleng setiap hari, berarti lebih dari 312 Gram gula yang sudah anda konsumsi setiap harinya. Hal itu setara dengan makan 6 Batang Cokelat. Padahal seseorang hanya disarankan mengkonsumsi kurang dari 40 Gram gula setiap harinya.

Itu berarti akan ada banyak tambahan gula yang akan diterima oleh tubuh anda. Selain gula, ada tambahan sekitar hampir 8000 kalori ekstra setiap minggu. Minuman manis ini dapat menambah nafsu makan anda, sehingga anda akan makan lebih banyak dibandingkan biasanya. Serta dengan penambahan kalori ekstra, hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan yang cukup serius.

Sekarang kita akan membahas mengenai dampak, akibat dari minum Coca-Cola setiap hari. Setiap teguk Coca-Cola yang anda minum, akan melapisi gigi, lidah dan gusi selama berjam-jam. Kandungan gula perlahan-lahan akan merusak lapisan email gigi dan anda akan mengalami kerusakan gigi yang sangat parah hingga pembusukan. Hal ini dapat dihindari jika anda menyikat gigi lebih sering dibandingkan biasanya.Kandungan kafein pada Coca-Cola adalah diuretik alami, artinya anda akan lebih sering buang air kecil. Sebenarnya bukan kandungan kafein yang perlu anda khawatirkan, melainkan bahan utama Coca-Cola yaitu sirup jagung fruktosa tinggi.

Mengapa kita perlu mengkhawatirkan hal itu? Sirup Jagung Fruktosa Tinggi merupakan pemanis buatan yang terbuat dari sirup jagung. Fruktosa tentu sangat berbeda dengan Glukosa. Karena Glukosa merupakan bentuk paling sederhana dari karbohidrat dan merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Glukosa sangat mudah digunakan oleh setiap sel tubuh. Sedangkan Fruktosa tidak dimetabolisme oleh tubuh, artinya Fruktosa hanya akan diubah menjadi lemak dan disimpan dihati. Hati yang berlemak dapat menyebabkan kelelahan dan nyeri di perut kanan atas, dan penumpukan lemak tersebut dapat mengakibatkan lebih banyak masalah kesehatan.

Selain itu, anda mungkin akan sering pingsan dan kekurangan kalium. Karena semua kandungan gula, kafein, dan bahan kimia lainnya, anda juga akan mengalami masalah dengan detak jantung Anda.
Tapi masalah tidak akan berhenti sampai di situ. Seiring berjalannya waktu, Anda juga memiliki risiko besar terkena diabetes tipe 2, dan banyak kekurangan vitamin. Jika anda masih tetap mengkonsumsi minuman tersebut, dan tidak menjalani pola hidup sehat, Anda dapat menderita penyakit proteinuria, yang kemudian dapat menyebabkan masalah pada ginjal. Hal paling terburuk jika anda minum Coca-Cola selama bertahun-tahun adalah obesitas dan kematian akibat serangan jantung, gagal ginjal dan masalah kesehatan lainnya.


chipilmu.com


Ingat wanita di Monaco yang minum Coca-Cola selama 16 tahun? Dia memiliki banyak masalah kesehatan yang sama sesuai dengan yang kita bahas sebelumnya yaitu pingsan dan penambahan berat badan. Tetapi setelah 16 tahun hanya minum Coca-Cola, dia memutuskan untuk berhenti, dan tubuhnya pulih kembali ke kondisi yang relatif sehat dalam waktu singkat.

Sumber : https://whatifshow.com/what-if-you-only-drank-coca-cola/

Jadi, sebenarnya minum Coca-Cola dalam batas wajar yaitu  2 - 3 kaleng per minggu itu masih diperbolehkan, selama kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat. Tetapi jika anda mengalami penyakit seperti diabetes, lebih baik hindari minuman tersebut. Karena kandungan gula yang tinggi hanya akan memperburuk penyakit anda. Bahkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo sangat membenci produk minuman bersoda termasuk Coca-Cola, ia bahkan pernah memarahi anaknya karena ketahuan minum-minuman soda. Semua itu ia lakukan karena alasan kesehatan dan pola hidup sehat.

Demikian artikel Bagaimana Jika Anda Hanya Minum Coca-Cola Setiap Hari?, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar