CARI ARTIKEL CHIPILMU

Saran Agar Blog Kalian Dapat Diterima Google Adsense

chipilmu.com

Google adsense adalah layanan periklanan yang diluncurkan pada tahun 2003 oleh google. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya untuk menjadi publisher adsense, diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan penghasilan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, atau yang biasa dikenal dengan sistem pay per click (ppc).Dari penjelasan diatas sepertinya cukup menggiurkan bukan?

Saya paham, masih banyak diantara rekan-rekan blogger kita yang masih berjuang agar bisa diterima web/blog nya menjadi partner publisher adsense. Saya sendiri merupakan salah satu anggota Blogger Indonesia di grup facebook. Terkadang saya sendiri merasa heran, banyak rekan-rekan blogger yang sering bertanya di grup facebook tentang cara agar bisa di terima Google Adsense. Padahal rata-rata dari mereka sudah memiliki web/blog dengan umur domain yang relatif lama dan memiliki banyak artikel yang sudah terindex, tapi masih saja keanggotaanya tetap tidak disetujui oleh google. Hal ini berbanding terbalik dengan beberapa orang di group blogger indonesia yang baru saja membuat web/blog dengan umur yang relatif muda serta baru memiliki beberapa artikel yang terindex, tapi dengan mudah nya mereka sudah menjadi partner publisher adsense. Jadi dengan artikel ini, saya ingin mencoba berbagi saran kepada sobat-sobat blogger sekalian, agar blog kalian dapat diterima oleh Google Adsense. Saran yang saya tampilkan ini adalah murni dari pengalaman saya sendiri. Berikut diantaranya :


chipilmu.com

1. Tampilan Sederhana Website / Blog


Pilihlah template yang ringan, user friendly, mobile friendly serta responsif.  Hal tersebut berlaku jika kalian menggunakan template pihak ketiga. Tetapi jika kalian menggunakan template bawaan blogger, hal tersebut tidak perlu kalian ikuti. Karena template bawaan blogger merupakan template resmi buatan google, yang struktur pembangun template HTML nya sudah ramah mesin pencari dan dibuat sesuai dengan kaidah SEO yang benar. Hanya saja warna tampilan web/blog pada bagian body saya sarankan untuk menggunakan warna putih polos, jangan menggunakan warna warni yang hanya membuat visitor/ pengunjung sulit membaca. Dan untuk penggunaan pada widget, gunakan seperlunya saja. Jangan terlalu berlebihan. Buatlah tampilan web/blog sesederhana mungkin tapi tetap elegan di lihat.


chipilmu.com

2. Buat Minimal 10 Artikel Original


Tidak ada angka pasti berapa banyak artikel yang perlu dibuat agar bisa lolos monetasi adsense. Tapi banyak orang yang menyarankan minimal artikel yang perlu dibuat agar diterima adsense yaitu 10-15 artikel. Saya sendiri hanya membutuhkan 9 artikel agar bisa lolos monetasi, tapi lebih aman nya gunakan angka minimal yaitu 10 artikel sebelum melakukan pendaftaran untuk bergabung partner publisher adsense. Saat menulis artikel gunakanlah bahasa baku yang mudah dimengerti, original buatan sendiri, dan tambahkan gambar serta link rujukan yang aktif agar artikel menjadi lebih menarik.


chipilmu.com

3. Tiap Artikel Minimal 500 Kata


Untuk yang satu ini juga tidak ada angka pastinya berapa kata minimal yang perlu dibuat agar lolos monetasi, google hanya mengatakan bahwa konten artikel yang dibuat harus memadai, original, dan berkualitas. Sesuai saran dari para suhu blogger, minimal kata dalam satu artikel adalah 500. Semakin banyak, katanya semakin bagus. Angka tersebut merupakan jumlah kata yang ideal karena dapat menunjukkan bahwa anda serius dalam menulis dan mampu menjelaskan isi dari artikel yang kalian
buat. Saya sendiri menjadikan 500 kata sebagai angka minimal pada setiap artikel yang saya buat.


chipilmu.com


4. Tidak Menggunakan Kata-Kata Terlarang


Dalam adsense ada aturan mengenai kata-kata terlarang yang tidak boleh ditampilkan dalam artikel yang kalian buat. Terkadang kalian tanpa sadar menyisipkan beberapa kata-kata terlarang tersebut dalam artikel anda, dampak nya permintaan kalian untuk bergabung dalam program partner google adsense pun menjadi terhambat. Kata-kata tidak pantas juga dapat membuat web/blog yang sudah termonetasi, mendapatkan hukuman pembatasan iklan atau bahkan banned permanen dari pihak google. Tidak ada info lebih jelas dan detail mengenai kata-kata terlarang apa saja yang tidak boleh dipakai. Dari info yang saya dapat dari para sobat blogger lainnya, hindari penggunaan kata "D*wnl*ad" dan "Str*am*ng", hindari juga penggunaan bahasa daerah, serta hindari kata-kata yang bersifat negatif agar pendaftaran google adsense kalian semakin cepat diterima.


chipilmu.com

5. Wajib Buat Halaman Penting


Sesuai aturan kebijakan google adsense, setiap web/blog wajib memiliki halaman penting seperti " Daftar Isi, Sitemap, About, Privacy Policy, Disclaimer, Contact ". Hal itu diperlukan jika kalian ingin bergabung menjadi publisher adsense. Untuk membuat halaman Privacy Policy dan Disclaimer kalian bisa mengunjungi situs generator yaitu PrivacyPolicyOnline. Untuk membuat Contact kalian bisa mengunjungi situs 123FormBuilder. Khusus Daftar isi dan Sitemap kalian harus mencari nya sendiri di Google, karena kalian harus memasang script kode html pada web/blog kalian. Terakhir untuk halaman About harus kalian tulis sendiri, karena halaman ini berisi tentang identitas suatu blog , memberitahukan pada pengunjung siapa pemiliknya, memperkenalkan niche blog, memberitahukan pencapaiannya dan masih banyak lagi.


chipilmu.com

6. Seluruh Artikel Sudah Terindex Google Search Console


Indexing adalah proses kerja saat mesin pencari mengumpulkan dan mengatur konten-konten yang ditemukan dalam proses crawling. Maka dari itu google perlu melakukan analisis terlebih dahulu melalui index artikel yang kalian lakukan ke Google Search Console, hal ini diperlukan agar google yakin, bahwa artikel yang kalian buat aman dan tidak melanggar peraturan kebijakan google. Jadi seluruh artikel yang sudah terindex Google Search Console dan muncul pada mesin pencari juga merupakan persyaratan lainnya yang wajib kalian penuhi.


chipilmu.com

7. Terhubung Google Analytics


Google Analytics berfungsi untuk memantau trafik dan statistik pengunjung pada web/blog yang dimilikinya. Google Analytics juga secara langsung memberitahukan kepada google, dimana sumber trafik blog/web kalian berasal secara tepat. Sehingga seluruh informasi web/blog kalian dapat di analisis secara valid dan tidak ada kesalahan dalam menilai trafik blog/web tersebut. Jika trafik blog/web anda kebanyakan berasal dari trafik organik pencarian google, maka tidak menutup kemungkinan semakin besar peluang anda untuk diterima menjadi partner publisher google.


chipilmu.com


8. Memasang Footer Copyright © Tahun Berjalan


Pernahkah kalian melihat web/blog dibagian bawahnya memiliki tulisan Copyright © 2021? Itu dinamakan Credit Footer. Tujuan dari diciptakannya copyright pada footer web/blog adalah untuk melindungi karya original kalian dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, tentu kalian tidak ingin jika buah dari pemikiran kalian yang dibuat dengan susah payah bisa digunakan oleh sembarang orang dengan bebas dan tanpa permisi. Percaya atau tidak, saya mengetahui hal ini dari postingan sobat blogger di grup facebook. Dia mengingatkan agar selalu mengupdate tahun berjalan pada tulisan di Footer Copyright ©. Dan hal ini katanya cukup berguna untuk menambah peluang kalian diterima dalam program partner google adsense. Setelah saya mengikutinya, hari esok saya langsung menerima email bahwa saya sudah disetujui untuk bergabung dalam partner google adsense. Jadi tidak ada salahnya kalian mencoba hal tersebut.


chipilmu.com

9. Terus Update Artikel Selama Masa Peninjauan


Hal ini terbukti ampuh dan saya juga sudah melakukannya. Dengan melakukan update artikel secara rutin, hal ini menunjukan bahwa website Anda layak untuk bekerja sama dengan program AdSense. Selain itu update artikel secara rutin dapat menunjukan kepada google bahwa anda cukup serius dalam mengelola dan mengembangkan web/blog yang kalian buat. Sehingga dapat meyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda adalah tempat yang baik untuk memasang iklan. Jadi tetap konsisten, terus berjuang dan jangan patah semangat. Karena kekuatan web/blog sejatinya berasal dari konten artikel itu sendiri.


chipilmu.com


10. Kirim Masukan Ke Google


Khusus yang ini saya berikan informasi sesuai pengalaman pribadi saya sendiri. Pada awal bulan september 2021, saya sudah mengirimkan permintaan untuk bergabung dalam program partner adsense, disana tertulis bahwa google akan meninjau website saya paling lama 2 minggu. Tentu saya menunggu dengan perasaan cemas dan gelisah, karena takut ditolak dan bernasib sama seperti teman-teman blogger lainnya. Sudah lebih dari 2 minggu saya masih belum menerima notifikasi penerimaan maupun penolakan, kemudian setelah mencari berbagai macam informasi dan mengganti tahun berjalan pada bagian footer Copyright ©. Saya berinisiatif untuk mengirimkan masukan ke google melalui bagian pojok kiri bawah pada tampilan halaman google adsense. Saya hanya menulis dan bertanya mengenai alasan web/blog saya belum menerima pembalasan. Setelah melakukan hal tersebut, hari esok nya saya menerima email.bahwa penerimaan program partner adsense sudah disetujui. Jadi kalian bisa mencoba hal tersebut jika dalam waktu lebih dari 2 minggu belum menerima pembalasan dari google.


Demikian artikel Saran Agar Blog Kalian Dapat Diterima Google Adsense, saya berharap web/blog kalian bisa segera diterima menjadi partner publisher google adsense. Semoga pengalaman dan saran dari saya bisa cukup membantu kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar