CARI ARTIKEL CHIPILMU

Bagaimana Jika Anda Tidak Sengaja Menelan Obat Kumur?

chipilmu.com
Obat kumur berfungsi untuk membantu anda melawan penyakit gusi, kerusakan gigi, penyebab plak serta yang paling penting dan utama yaitu menyegarkan nafas dan mengatasi bau mulut. Pada umumnya setelah menggunakan obat kumur, kita harus memuntahkan atau membuangnya. Tapi bagaimana jika anda tidak sengaja menelan obat kumur? Apa dampak nya bagi tubuh anda? Apakah menelan obat kumur dapat menyebabkan kematian? Atau minum obat kumur hanya akan membuat kita mabuk?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai sejarah obat kumur. Pada zaman dulu, beberapa budaya kuno menggunakan arang, buah dan bunga kering untuk menghilangkan bau mulut, ada juga budaya romawi yang mempercayai bahwa urin adalah cara terbaik untuk mendisinfeksi dan memutihkan gigi mereka, serta beberapa peneliti menemukan fakta bahwa manusia zaman kuno membilas mulut mereka dengan darah kura-kura yang dipercayai untuk mencegah sakit gigi. Apakah kalian ingin mencoba obat kumur versi urine atau darah kura-kura? Sepertinya hal tersebut cukup menjijikan ya.


chipilmu.com


Obat kumur yang ada pada zaman sekarang, ditemukan pada akhir tahun 1800-an. Alih-alih mengunakan urin atau darah kura-kura yang di terapkan oleh orang zaman dulu, obat kumur zaman sekarang mengandung banyak bahan kimia yang menyegarkan napas, memutihkan gigi, dan membuat mulut bebas kuman. Bahan kimia utama yang dipakai adalah Chlorhexidine gluconate, Hidrogen Peroksida, Metil Salisilat, Ethanol/Alkohol. Untuk info lebih lanjut mengenai bahan kimia tersebut, saya sudah menyisipkan Link pada setiap nama zat kimia tersebut. Ok, kita kembali ke topik pertanyaan di atas.

Katakanlah anda tidak sengaja menelan sedikit obat kumur pada saat sedang berkumur, biasanya hal tersebut tidak memiliki dampak apapun pada tubuh kita. Tapi hal terburuk yang akan anda alami mungkin adalah sakit perut. Ini karena zat kimia Fluoride, zat ini juga merupakan bahan utama pada pembuatan pasta gigi. Jadi hal tersebut bukanlah masalah besar. Tapi janganlah sering-sering menelan zat tersebut, karna tentu dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan kita.
Mungkin sekarang anda akan penasaran, bagaimana jika minum satu botol obat kumur? Apa yang akan terjadi pada tubuh anda?


chipilmu.com


Minum 1 botol obat kumur kemungkinan besar dapat membuat anda mabuk bahkan kejang. Obat kumur umumnya mengandung sekitar 27 % alkohol (Tergantung dengan jenis dan masing-masing merek obat kumur). Ini lebih tinggi dari kandungan alkohol anggur yang biasanya mengandung 17% hingga 20% alkohol. Setelah mendengar info ini janganlah sesekali mencoba mabuk dengan obat kumur, itu adalah ide yang sangat buruk. Hal tersebut dapat membuat anda keracunan, rusaknya organ tubuh, bahkan mengancam nyawa. Alkohol pada minuman keras dan alkohol pada obat kumur memiliki jenis yang sama yaitu Ethanol. Walaupun jenis alkohol yang dipakai sama, kandungan konsentrasi kedua alkohol tersebut sangat jauh berbeda. Kandungan Ethanol pada obat kumur dapat menyebabkan bisul, gangguan pada fungsi hati, dapat menyebabkan kanker, kegagalan organ dan bahkan kematian.

Setelah menyimak penjelasan diatas, jadi kesimpulannya. Jika anda tidak sengaja menelan sedikit saja obat kumur, biasanya hal tersebut tidaklah menjadi masalah. Tetapi jika anda menelan obat kumur dalam jumlah yang cukup banyak dan mulai menimbulkan gejala yang amat mengganggu bahkan membuat anda sakit. Janganlah membuat diri anda muntah, seperti halnya racun, muntah hanya akan memperburuk keadaan, itu akan membuat bahan kimia kembali bersentuhan dengan tenggorokan dan pipa makanan. Anda harus pergi ke rumah sakit sesegera mungkin. (sumber : https://whatifshow.com/what-if-you-swallowed-mouthwash/)

Demikian artikel " Bagaimana Jika Anda Tidak Sengaja Menelan Obat Kumur? ", semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar