CARI ARTIKEL CHIPILMU

Panduan Tepat, Membeli Laptop Untuk Gaming Bagi Pemula 2021

chipilmu.com

Bermain game memang kegiatan yang sangat menyenangkan, bahkan telah menjadi tren tersendiri. terutama game online. Banyak beberapa jenis perangkat game yang dapat kita mainkan contohnya melalui konsol game, perangkat mobile, hingga laptop atau komputer.

Banyak orang yang memilih perangkat laptop untuk melakukan kegiatan gaming, karna selain dapat dibawa kemana mana, perangkat laptop cukup ringkas untuk dapat dimasukkan kedalam tas, dan mudah berpindah tempat jika ingin mencari suasana baru. Sehingga kelebihan tersebut merupakan modal utama, banyak orang yang ingin membeli laptop.

Tapi apakah masih bingung, cara yang tepat dalam memilih sebuah laptop gaming?

Membeli laptop mungkin merupakan keputusan yang besar, dan ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan. tentu tak bisa sembarangan membeli. Jika salah memilih laptop, hal ini bisa membuat kocekmu terbuang sia-sia karena pengalaman bermain game bisa otomatis terganggu. Daripada kamu bingung, berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop untuk bermain game.

1. PROCESSOR


chipilmu.com

Prosesor adalah otak dari sebuah laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, tentu performa dari laptop gaming tersebut akan semain baik. Laptop gaming saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu Intel maupun AMD.

Masih banyak pengguna laptop gaming yang salah kaprah saat membelinya. Mereka menganggap lebih baik mengedepankan VGA dibandingkan prosesornya. Padahal, VGA yang sudah bagus tapi tidak diimbangi prosesor yang setara akan membuat performa laptop tidak memumpuni untuk bermain game.

Seperti kita tahu, game-game sekarang ini sudah semakin keren dan kompleks, terutama dari segi grafisnya. Tidak heran semakin banyak saja game yang membutuhkan kinerja prosesor yang kencang untuk menjalankan permainannya. Tidak hanya itu saja, kebutuhan prosesor memang sangat penting karena bisa meringankan proses rendering dari VGA.

Pada laptop gaming dengan prosesor Intel, pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ ataupun HQ (contoh: i7-6700HQ). Jangan paksa prosesor lable U untuk digunakan bermain game, karena prosesor berlabel U biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja.

Minimal prosesor Intel yang dibutuhkan dari laptop gaming adalah Intel Core i5, yang disarankan Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD yang disarankan adalah A10 dan FX Series. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik.

2. VGA


chipilmu.com

Kualitas grafis dari kartu grafis (VGA) juga harus diutamakan saat membeli laptop.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kualitas dari VGA tersebutlah yang akan memengaruhi tampilan dan kualitas gambar saat kamu bermain game, terutama untuk game dengan skala berat.

Jika game yang kamu mainkan mempunyai grafis berat, sedangkan kualitas grafis pada laptop kurang bagus, tampilan video game pasti akan patah-patah.

Minimun VGA yang dibutuhkan dalam laptop gaming adalah Nvidia GT840. Disarankan memilih Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970 atau GTX980.

Sedangkan untuk VGA AMD, kamu bisa mencoba R7 230 ke atas atau R9 Series.

3. RAM


chipilmu.com

Sama seperti prosesor, peran RAM pada laptop gaming juga sama-sama penting. Selain mempercepat kinerja gim, RAM berfungsi untuk menyimpan grafis game yang sedang dimainkan. Perhatikan juga apakah laptop yang hendak dibeli memungkinkan untuk upgrade RAM atau tidak. Sebab, ketika kamu mulai merasa bahwa RAM yang tertanam kurang memadai,  kamu bisa menambah lagi kapasitas RAM tersebut tanpa harus mengganti laptop.
Rata-rata gaming zaman sekarang membutuhkan RAM lebih besar, paling sedikit RAM 4GB. Jenis RAM yang digunakan biasanya DDR3, tetapi akan lebih baik jika menggunakan RAM DDR4. Game-game berat saat ini seperti GTAV, MAD MAX, Watch Dog, dll, membutuhkan paling tidak RAM 8GB agar bisa berjalan dengan baik. Jika punya budget lebih, disarankan upgrade RAM hingga 16 GB, untuk mendapatkan performa yang lebih baik

4. Media Penyimpanan


chipilmu.com

Ada dua media penyimpanan pada sebuah laptop, yaitu SSD dan HDD. Pada laptop gaming, lebih baik kamu pilih yang memiliki HDD minimal 1TB (1000 GB). Pasalnya game saat ini akan memakan banyak storage saat di-install. Tapi jika kamu memiliki budget lebih, lebih disarankan memilih SSD.
Tipe penyimpanan SSD memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat juga sangat nyaman untuk main game. Tapi umumnya, SSD memiliki kapasitas yang kecil. Kalaupun ada SSD dengan kapasitas besar, harganya mahal.

5. Resolusi Layar


chipilmu.com

Tampilan game tentunya akan mempengaruhi pengalaman bermain kamu. Bukan hanya mengandalkan kartu grafis, kualitas layar laptop juga akan berpengaruh. Resolusi layar minimal yang dibutuhkan untuk memilih sebuah laptop gaming adalah FHD 1920x1080. Sedangkan untuk ukuran layarnya minimal 15.6 inch, jika ingin lebih baik kamu bisa pakai 17.3 inci.

6. Port


chipilmu.com

Port juga hal-hal yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum membeli laptop gaming. Beberapa port yang mungkin dibutuhkan para gamers adalah USB 3.0, HDMI / Mini Display Port.
Pastikan laptop gaming yang ingin kamu beli memiliki setidaknya 3 Port USB 3.0 untuk menghubungkan beragam perangkat lain ke Laptop. Kalau ada port thunderbolt di laptop tersebut dan Anda membutuhkannya, jangan ragu untuk membelinya.

7. Baterai


chipilmu.com

Daya tahan baterai laptop merupakan hal yang sering menjadi masalah, karena digunakan untuk kebutuhan yang memerluhkan kinerja yang berat, baterai laptop gaming menjadi cepat boros. Meski kamu memilih laptop gaming dengan baterai besar, tetap saja kamu akan merasa boros saat menggunakannya sambil bermain game.
Baterai laptop saat ini juga dibedakan menjadi dua, removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas).
Lebih baik kamu membeli laptop dengan baterai yang mudah dilepas, agar mudah menggantinya saat baterai sudah rusak.

Itulah beberapa tips sebelum memilih laptop gaming agar tidak terjadi kesalahan saat membeli laptop gaming, karena harganya yang mahal. Semoga info ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar