CARI ARTIKEL CHIPILMU

Komputer Dan Laptop Lambat? Tips Dan Trik Membuatnya Lebih Cepat (Gratis)

chipilmu.com

Ingin mempercepat laptop atau PC yang lambat? ChipIlmu memberikan langkah-langkah kunci sederhana dan gratis yang dapat dilakukan siapa saja untuk membuat laptop yang menjalankan Windows 10, 8, atau 7 lebih cepat.
Jangan membuang komputer dan laptop anda yang lambat terlebih dulu. Coba perbaiki secara gratis untuk membuat komputer dan laptop anda lebih cepat!

Komputer dan laptop yang lambat terjadi akibat berbagai hal dan bisa di akibatkan oleh faktor internal maupun eksternal. Hal tersebut terjadi karna sebagian besar diakibatkan oleh kesalahan pengguna. Pengguna yang awam biasanya tidak memperhatikan hal hal kecil, yang jika dibiarkan terus menerus dapat memperlambat komputer dan laptop kita secara bertahap dari waktu ke waktu. Mencoba mengerjakan sesuatu dengan komputer dan laptop yang lambat bisa sangat membuat kita frustrasi.

Untungnya, Anda tidak perlu menjual dan membeli kembali komputer dan laptop yang baru. Anda cukup mengikuti beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kembali kinerja komputer dan laptop anda. Dengan beberapa optimasi sederhana, komputer dan laptop yang paling lambat sekali pun dapat kembali ke keadaan semula.

Dalam postingan kali ini, ChipIlmu memberikan 12 tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mempercepat laptop atau PC yang lambat dengan menggunakan Windows 10, 8, atau 7. Khusus untuk artikel ini, kami  menjalankan Windows 10, jadi kami akan menggunakan versi ini untuk memberikan petunjuk. Namun, setiap penyesuaian untuk Windows 8 dan 7 biasanya tidak terlalu berbeda dan memiliki kesamaan dalam penyetingan dan optimasi.

Berikut cara membuat komputer/laptop Anda lebih cepat:

1. Tutup aplikasi yang tidak digunakan


Jika komputer atau laptop Anda mulai lambat, maka mungkin Anda memiliki terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang. Software / Aplikasi sistem sering diluncurkan saat startup dan kemudian tetap berjalan saat Anda menggunakan komputer.

Untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan, klik panah ke atas di sisi kanan taskbar Anda.

chipilmu.com


Klik kanan dan close / exit aplikasi nya.

2. Menutup program otomatis yang berjalan di startup


Agar aplikasi atau program yang tidak digunakan, tidak berjalan kembali saat startup atau menyalakan kembali pc /laptop anda. Anda wajib mematikan program / aplikasi tersebut, karna dampak nya dapat memperlambat kembali pc / laptop anda. Cukup menjalankan beberapa aplikasi / program penting seperti antivirus, untuk aplikasi lainnya tidak perlu di jalankan saat startup.

Caranya buka task manager atau klik kanan pada bagian taskbar dan pilih task manager. Lalu pilih tab startup, disana anda dapat melihat beberapa aplikasi / program yang berjalan saat startup, beserta dampaknya.

chipilmu.com

saya sarankan untuk menonaktifkan seluruh program / aplikasi startup yang terdapat pada task manager, karna dapat mengurangi beban komputer / laptop saat menjalankan booting. Tentu hal tersebut sangatlah aman dan tidak akan membuat dampat buruk bagi komputer anda. Untuk menonaktifkan nya cukup klik kanan pada aplikasi nya dan pilih disable. Untuk pengguna windows 7, dapat menonaktifkannya dengan metode : tekan tombol Windows + R, kemudian ketik "msconfig" tanpa tanda petik. Lalu pilih tab startup.

3. Update Windows, Drivers Dan Aplikasi


Anda mungkin pernah mendengar, memperbaharui perangkat lunak anda dapat memberikan tambahan keamanan untuk komputer/laptop. Hal tersebut memanglah benar, dan hal tersebut dapat membantu penambahan kinerja komputer anda. Anda selalu dapat memeriksanya pembaharuan terbaru windows dengan klik start dan klik Pengaturan atau ikon pengaturan. Lalu pergi ke Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows / Windows Updates. Untuk Windows 7 cukup klik start dan ketik windows update.

chipilmu.com

Selain sistem operasi Windows Anda, driver dan aplikasi juga harus selalu diperbarui. Sekali lagi, ini bagus untuk keamanan dan kinerja. Jika menurut Anda Anda mungkin melewatkan pembaruan, windows update akan memberi tahu Anda versi mana yang harus Anda gunakan.

4. Hapus File Yang Tidak Diperlukan


Sama seperti lemari dan laci kita, komputer/laptop kita bisa menjadi berantakan. Meskipun Anda tidak dapat benar-benar melihatnya, Anda tahu itu ada di sana, dan itu bisa berdampak negatif pada kinerja komputer Anda. Hal tersebut terjadi jika Anda memiliki banyak sekali file dengan ukuran yang besar, seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video, file pekerjaan anda setiap hari.

Kosongkan ruang dengan membiasakan menghapus file dan folder yang tidak terpakai setiap minggu dan mengosongkan recycle bin sesudahnya. Melakukan ini secara teratur dapat membantu Anda, untuk mengatur dengan tepat. File apa saja yang ada di folder yang masih terpakai maupun tidak dan anda akan terbebas dari rasa khawatir, jika suatu saat anda melakukan kesalahan menghapus sesuatu yang penting.

chipilmu.com


Tips praktis: HDD (Hard Disk) biasanya berjalan pada kecepatan puncak hingga mencapai kapasitas sekitar 90 persen. Jadi anda dapat melihat nya di Task Manager, jika Anda melihat bahwa HDD anda berjalan dengan lebih dari 90 persen, itu mungkin akan memperlambat segala performa komputer dan laptop anda. HDD performanya akan melambat, jika ruang penyimpanan nya terisi penuh, jadi sebaiknya memberikan ruang kosong agar komputer dan laptop tetap berada di performa terbaik. Disarankan untuk tidak mengisi HDD lebih dari 75 persen dari kapasitasnya.
Atau anda dapat mengganti HDD anda dengan SSD (Solid State Drive), tentu anda perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli kembali produk tersebut. Tapi dapat memberikan jaminan, komputer / laptop anda dapat berjalan 200 % hingga 400 % lebih cepat dibandingkan biasanya.

5. Temukan program yang menghabiskan sumber daya


Jika Anda merasa bahwa komputer Anda tiba-tiba berjalan secara signifikan lebih lambat, kemungkinan ada program tertentu yang harus disalahkan. Salah satu cara untuk mengidentifikasi pelakunya adalah dengan masuk ke Task Manager dan mencari tahu program apa yang menghabiskan sumber daya Anda.

Klik kanan bilah tugas dan pilih Pengelola Tugas. Klik More details untuk mengetahui informasi tentang program yang sedang berjalan di komputer Anda. Ini akan menunjukkan kepada Anda tab Proses secara default.

chipilmu.com

Anda dapat mengklik setiap tab untuk mengurutkan daftar menurut aplikasi mana yang paling banyak menggunakan sumber daya tertentu. Jika Anda perlu menutup sesuatu, coba tutup aplikasi yang memakan banyak kinerja komputer/laptop anda terlebih dahulu. Cara untuk menutup aplikasi / program nya adalah dengan ke menu Task Manager, klik kanan aplikasi, dan tekan End task.

6. Sesuaikan Opsi Daya Anda / Adjust Power Option


Windows hadir dengan beberapa 'power plan' yang telah ditetapkan sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Standarnya diatur ke Balance, yang memperhitungkan kinerja dan konsumsi energi. Tetapi ada juga power plan 'power saver' yang digunakan jika Anda kehabisan baterai atau mencoba menghemat tagihan listrik. Karena itu, Anda mungkin ingin mengubah settingan power plan komputer/laptop anda.

Seperti namanya, power plan 'high performance' adalah pilihan yang lebih baik jika PC Anda berjalan lambat. Meskipun opsi ini menggunakan lebih banyak energi, opsi ini mendukung kinerja sehingga akan membantu mempercepat komputer/laptop Anda.

Selain opsi standar, Anda dapat memilih untuk membuat paket kustom Anda sendiri. Buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Options > Create a power plan. Pilih paket yang sudah ada, masukkan nama untuk paket baru Anda, dan pilih Berikutnya.

chipilmu.com

Opsi dasar mencakup berapa lama layar tetap menyala saat Anda tidak aktif dan berapa lama sebelum komputer masuk ke mode tidur. Ini tidak akan benar-benar memengaruhi kecepatan komputer Anda, tetapi jika Anda masuk ke Ubah pengaturan daya lanjutan, Anda dapat membuat lebih banyak penyesuaian yang akan berdampak.

7. Uninstal Program Yang Tidak Digunakan


Kita sering menginstal program besar tanpa menyadari berapa banyak ruang yang mereka gunakan. Jika menurut Anda itu masalahnya, Anda dapat dengan mudah menghapus program apa pun yang tidak Anda gunakan. Bahkan jika itu adalah program yang sudah anda jarang gunakan lagi, jika itu sangat besar, mungkin ada baiknya menginstal ulang setiap kali Anda membutuhkannya.

Untuk menghapus instalasi program, buka Control Panel > Programs > Programs and Features.

chipilmu.com

Telusuri programnya dan putuskan yang mana. Jika ada program yang tidak Anda perlukan, anda bisa langsung melakukan unistall. Tapi jika Anda tidak yakin tentang program tertentu, Anda dapat mencari tahu di google untuk mengetahui lebih lanjut. Atau, Anda juga dapat menggunakan software seperti PC Decrapifier  untuk membantu Anda membedakan program yang penting dan yang tidak.

8. Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Windows Features


Saat Anda berada di layar Programs and Features, Anda mungkin ingin memeriksa untuk melihat apakah ada komponen Windows yang tidak Anda perlukan. Klik Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows dan Anda akan melihat daftar komponen ini.

chipilmu.com

Anda harus berhati-hati agar tidak mematikan fitur windows penting yang sebenarnya Anda butuhkan. Jadi sekali lagi, anda wajib mencari tahu di google, fitur mana saja yang boleh anda nonaktifkan untuk meningkatkan performa komputer/laptop anda.

9. Menghapus File Sampah Yang Menumpuk Di Windows


Windows dilengkapi dengan alat bawaan untuk membersihkan sampah yang menumpuk seiring waktu. Untuk mengakses Disk Clean Up, Anda dapat akses ke Control Panel > System and Security > Administrative Tools, and pilih Disk Cleanup dari list tersebut.

chipilmu.com

Jika Anda tidak ingin melakukannya secara manual, ada berbagai jenis software gratis yang dapat membantu anda membersihkan file sampah. Misalnya, CCLEANER akan mendeteksi dan menghapus file sampah secara manual maupun otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir.

chipilmu.com

CCleaner merupakan software yang mampu membersihkan cache junk yang ada pada PC / laptop. Di sini, CCleaner mampu untuk membersihkan internet cache, internet history, download history, dan masih banyak lainnya.
Selain membersihkan cache junk, software ini juga mempermudah bagi Kamu yang ingin melakukan uninstall untuk aplikasi yang terpasang pada PC / laptop lho. Tak hanya itu saja, bahkan CCleaner ini diklaim mampu untuk melakukan repair pada software atau aplikasi PC yang rusak.

10. Defrag Hard Drive Anda


Seiring waktu, file di hard drive Anda menjadi terfragmentasi. Karena komputer Anda sekarang harus memeriksa bagian-bagiannya di banyak tempat, ia dapat berjalan lebih lambat. Istilah 'defragment' terdengar sedikit dramatis, tetapi pada dasarnya itu berarti menyatukan kembali file-file itu sehingga sistem Anda dapat berjalan lebih efisien.

Faktanya, ini adalah sesuatu yang dilakukan Windows 10, 8, dan 7 secara otomatis pada jadwal yang ditentukan. Jadwal default adalah sekali per minggu, tetapi Anda dapat masuk dan menjalankannya secara manual jika Anda mencurigai ada masalah.

Pertama, penting untuk dicatat bahwa Anda hanya perlu melakukan ini jika komputer Anda menggunakan Hard Disk Drive (HDD) mekanis tradisional. Solid State Drive (SSD) bekerja secara berbeda dari HDD, dan tidak perlu defragmentasi. Jika Anda memiliki keduanya, hanya defrag HDD.

Buka My Computer dan klik kanan hard drive (secara default bernama WINDOWS (C :) meskipun Anda mungkin telah mengganti namanya). Lalu pergi ke Properties > Tools dan di bawah Optimize and defragment drive, klik Optimize.

chipilmu.com

defrag hard drive biasa memakan waktu yang cukup lama, tergantung kapasitas dan isi dari masing masing hard drive komputer anda. Anda juga bisa menggunakan software pihak ke tiga seperti IOBIT Smart Defrag 7 untuk menjalankan defrag lebih cepat di bandingkan defrag bawaan windows. dan hasil yang kita dapatkan lebih memuaskan, ditambah fitur fitur tambahan lainnya yang dapat memonitor hard drive secara berkala.

11. Menyesuaikan Atau Menonaktifkan Grafik Animasi Windows


Versi Windows yang lebih baru hadir dengan banyak grafik, termasuk animasi seperti efek memudar dan flyout. Ini membantu membuat windows dan aplikasi berjalan tampak lebih ramping dan halus dan berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan. Di sisi lain, mereka juga dapat memperlambat komputer Anda.

Untungnya, kita dapat dengan mudah untuk menyesuaikan pengaturan ini dan membantu meningkatkan performa komputer/laptop kita. Caranya dengan membuka Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Kemudian, di bagian Performance, tekan Pengaturan dan Anda akan memiliki daftar opsi lengkap.

chipilmu.com

Anda dapat memilih 'Adjust for best performance' (ini akan menghapus semua efek visual) atau anda dapat memilih sendiri fitur mana yang ingin anda nonaktifkan. Ini masalah preferensi, jika anda menginginkan tampilan windows yang menarik anda dapat memilih 'adjust for best appearance' (tampilan grafik dan animasi akan di aktifkan seluruhnya) tentu akan membuat performa komputer dan laptop anda berjalan lebih lambat. Tapi jika anda memiliki spesifikasi komputer/laptop yang tinggi dan memumpuni, mengaktifkan fitur ini tidak akan membuat masalah bagi performa perangkat anda.

12. Scan Antivirus Dan Malware


Malware (perangkat lunak berbahaya) adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan program jahat yang dapat membahayakan komputer Anda. Ini mungkin berasal dari berbagai sumber, termasuk tautan email, unduhan perangkat lunak, dan bahkan iklan (malvertisements). Selain berpotensi menyebabkan kerusakan permanen pada sistem Anda, beberapa bentuk malware dapat menyebabkan komputer Anda berjalan lambat.

Menginstal perangkat lunak antivirus yang baik dapat membantu melindungi dari malware, serta ancaman lainnya. Software anti virus gratis sudah banyak tersedia di internet. Jadi anda dapat memilih salah satu untuk digunakan agar dapat melindungi perangkat anda.

Kalian juga dapat mengecek di internet, peringkat antivirus gratis terbaik dan akan memberikan anda informasi serta rekomendasi untuk menggunakan nya di perangkat anda.

chipilmu.com

Jika Anda bersedia membayar biaya untuk perangkat lunak antivirus Anda, ChipIlmu merekomendasikan Kaspersky dan Bitdefender, karna sesuai pengalaman saya. Saat komputer saya terkena virus trojan, hanya kedua antivirus tersebut yang dapat menghapus virus tersebut. Setelah hampir semua antivirus saya coba untuk menghilangkan virus yang menginfeksi komputer saya. Jadi kedua produk tersebut sudah terbukti dan saya sangat puas dengan hasil nya.

Sekian beberapa tips dan trik membuat komputer dan laptop menjadi lebih cepat, ada baiknya untuk menjadwalkan pembersihan bulanan. Dan anda dapat menggunakan beberapa daftar tips di atas sebagai bahan pemeriksaan bulanan anda untuk mendapatkan performa komputer dan laptop yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar